Membentuk Citra Perusahaan

Keberhasilann dan keberlangsungan perusahaan tidak hanya bergantung pada mutu dan produk yang dibuat saja, tetapi juga pada bagaimana perusahaan membangun citranya. Definisi dari citra sendiri ada berbagai macam, salah satunya adalah Citra diartikan sebagai kesan yang diperoleh seseorang berdasarkan pengetahuan dan pengertiannya tentang fakta-fakta dan kenyataan (Soemirat dan Ardianto, 2005 : 114).

Citra adalah tujuan utama, dan sekaligus merupakan reputasi dan prestasi yang hendak dicapai bagi dunia hubungan masyarakat (kehumasan) atau public relations, pengertian citra itu sendiri abstrak dan tidak dapat diukur secara matematis tetapi wujudnya bisa dirasakan dari hasil penilain baik atau buruk. Seperti penerimaan dan tanggapan baik postif maupun negative yang khsusunya datang dari public dan masyarakat luas.

Baca Juga : Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Yang Hits

Kemudian Citra menurut Frank Jefkins yang tertulis dalam buku Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi karya Rosady Ruslan mempunyai berbagai macam jenis, antara lain :

a.       Citra Kini ( Current Images)

Citra merupakan kesan yang baik diperoleh dari orang lain tentang perusahaan atau organisasi atau hal yang lain berkaitan dengan produksi

b.      Citra Keinginan ( Wish Images )

Citra keinginan ini adalah seperti apa yang ingin dan dicapai oleh pihak manajemen terhadap lembaga atau perusahhan atau produk yang ditampilkan tersebut lebih dikenal

c.       Citra Perusahaan ( Corporate Images )

Jenis citra ini adalah yang berkaitan dengan sosok perusahaan sebagai tujuan utamanya, bagaimana menciptakan citra perusahaan yang positif, lebih dikenal serta diterima oleh publiknya.

Sehingga Citra adalah tujuan utama dari kehumasan yang intinya adalah mendapatkan penilaian baik dari masyarakat agar sebuah perusahaan tetap mendapat tempat di masyarakat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »